Jumat, 01 Oktober 2010

Mengapa Harus Membeli Starter??

Ini adalah kisah seorang rekan kami yang akan mencoba usaha nata de coco. Beliau hunting segala sesuatu untuk menunjang usahanya. Dari membeli buku yang ada dipasaran. Tentang bagaimana cara membuat nata de coco yang baik dan benar. Bukupun sudah beliau peroleh. Sehingga mulailah beliau melakukan experimen pembuatan nata de coco. Secara kontekstual memang sudah benar apa yang disampaikan dalam buku tersebut. Namun apa yang terjadi? selama hampir 4bulan beliau ini tidak juga menemukan hasil yang bagus. Malah ada beberapa istilah dalam buku yang tidak dimengerti. Tidak dimengerti artinya ada satu formula yang tidak juga kunjung dihasilkan. Padahal formula itulah yang menjadi kunci utama keberhasilannya. Pembaca yang budiman, saya sangat prihatin dengan apa yang dialaminya. Hingga suatu ketika beliau ini menemukan Blog yang saya buat ini. Akhirnya sampailah ketempat "bengkel" dimana saya memproduksi dan mengembangkan nata de coco dan nata de soya. Betapa bahagianya ia ketika bertemu dengan saya. Terpancar dari raut wajahnya. Akhirnya sampailah kami dalam pembicaraan untuk memulai produksi nata de coco. Beliau bilang " Inilah bahan yang selama ini saya cari ". Dan memang, inilah satu bahan yang dicarinya, dan Kunci Utama pembuatan nata de coco/soya. STARTER. Namanya juga starter, dia pasti menjadi awal terbentuknya nata de coco. Akhirnya dengan sedikit ilmu yang saya berikan mulailai beliau memproduksi nata de coco. Dan hasilnya, hingga saat ini beliau sudah bisa membuat STARTER sendiri. Awal mulanya membuat 30botol, namun ternyata yang berhasil hanya sekitar 6botol. Dari starter yang diambil dari saya, akhirnya beliau sudah bisa membuat 60botol dan sukses. Akhirnya saya berkesimpulan-tanpa menafikan keberadaan buku panduan- bahwa memang apa yang ada dalam buku itu adalah benar, namun untuk siap produksi, seseorang harus memiliki STARTER/BIBIT. Untuk ikut mensukseskan bagi siapa saja yang berkeinginan memproduksi sampai memasarkan nata de coco maka kami mulai berusaha menjawab semua itu dengan membuat ratusan-ribuat bibit/starter. Sehingga bagi siapa saja yang ingin memproduksi bisa mengambil bibit ditempat saya. Keuntungan mengambil STARTER di tempat saya adalah : 1. Setiap orang berhak untuk dilatih dan dipersiapkan untuk menjadi produsen nata de coco. Yaitu dengan mendapat sedikit pengetahuan teori s/d praktek ditempat saya sampai bisa. 2. Jika starter yang dikembangkan ternyata bermasalah, maka satarter akan kita ganti 100% Gratis. 3. Mendapat pendampingan pembuatan nata de coco sampai berhasil. 4. Hasil produksi dengan standar pabrik yang saya tetapkan bisa di jual ketempat saya. Sehingga tidak perlu bingung masalah pemasarannya. Semoga sumbangsih saya ini bisa membawa manfaat yang berarti bagi perekonomian masyarakat.

1 komentar:

  1. Met siang mas,.. salam kenal.
    saya heru tanggulangin sidoarjo.
    saya ingin mencoba produksi nata de soya.
    brp harga starternya? ongkir?

    terima kasih
    hs. heru

    BalasHapus